Selasa, 30 Oktober 2012

WEDDING CUPCAKES, BISA JADI SUVENIR


WEDDING CUPCAKES, BISA JADI SUVENIR


http://assets.kompas.com/data/photo/2011/04/06/2231177p.JPG
1
CUPCAKES BY CHOCALOT
Wedding cupcakes lebih menantang untuk dijadikan dekorasi, bahkan bisa disesuaikan dengan tema perkawinan atau profil pengantinnya.

Kalau dalam pernikahan adat Jawa ada acara potong tumpeng, pernikahan gaya internasional menggunakan kue taart bersusun. Kini, acara potong wedding cake menjadi lebih unik dan praktis dengan adanya wedding cupcakes. Mangkuk-mangkuk kecil yang tersusun antara tiga sampai lima tingkat ini juga tetap memberi kesan elegan.
Awalnya, menurut situs WeddingCupcakes.org, keberadaan kue pernikahan dalam mangkuk ini memang berangkat dari tren cupcakes itu sendiri. Kemudian, perencana pernikahan maupun pasangan pengantin juga menganggap bahwa wedding cupcakes juga serbaguna. Pertama, cupcakes bisa dibuat dengan berbagai macam rasa, sehingga tamu tidak cuma merasakan satu jenis rasa seperti umumnya kue pernikahan. Tamu juga bisa memilih sendiri rasa yang mereka inginkan.

Selain itu, menggunakan cupcakes yang bersusun juga tidak semahal kue pernikahan pada umumnya. Sebab, harga kue dihitung menurut berapa potong cupcakes yang digunakan. Wedding cupcakes juga lebih menantang untuk dijadikan dekorasi, bahkan disesuaikan dengan profil atau karakter pengantinnya.

Keunggulan wedding cupcakes dibanding wedding cake biasa, menurut Alvina Santoso, pemilik Cupcakes by Chocalot, wedding cake pada umumnya terbuat dari styrofoam. "Orang beli kue mahal-mahal ternyata kue palsu. Dekorasi kuenya saja yang heboh. Sedangkan untuk wedding cupcakes dari kami, saya jamin semuanya kue asli. Bisa dimakan di tempat, atau dikemas jadi suvenir," tutur Alvina.
Ide membuat wedding cupcakes sebagai suvenir berawal dari permintaan para pelanggannya untuk menjadikan cupcakes sebagai suvenir pernikahan.

"Tapi saya ada ide, bagaimana kalau kue pernikahannya bisa sekaligus jadi suvenir? Jadi mereka pesan cupcakes untuk kue pernikahan yang juga bisa dijadikan suvenir," papar Alvina, yang memiliki tiga outlet di eX Plaza, Cilandak Town Square, dan Urban Kitchen Senayan City.
Untuk melayani pemesanan, Alvina menyediakan katalog khusus untuk wedding cupcakes. Meskipun demikian, kue mangkuk pernikahan ini juga bisa didesain sesuai keinginan calon pengantin. Dari tema, warna, hingga bentuk dekorasinya. Disediakan pula desainer khusus untuk dekorasi wedding cupcakes ini. "Untuk (desain) yang agak rumit baru saya turun tangan sendiri. Klien sendiri bebas berkonsultasi soal desain," ujar perempuan yang datang dari keluarga pebisnis restoran ini.

Cupcakes untuk momen pernikahan tentu dibuat dalam jumlah yang lebih banyak. Untuk menangani lonjakan permintaan wedding cupcakes, ia menyiapkan tempat khusus untuk memasak, yaitu di lantai 2 restoran Caza Suki. Bila dulu hanya tersedia satu oven yang untuk sekali masak hanya menghasilkan 25 potong cupcakes, sekarang ovennya memiliki kapasitas 125 cupcakes untuk sekali masak.
Alvina mengaku mengalami sedikit kesulitan dalam menemukan fondant yang digunakan untuk menghias cupcakes di Indonesia. Dari segi rasa juga berbeda, sehingga ia merasa lebih cocok menggunakan bahan-bahan dari Australia dan Amerika. Apalagi cupcakes tidak menggunakan bahan pengawet, jadi ia mencari bahan baku yang nantinya bisa awet setelah diolah.

Harga wedding cupcakes berkisar antara Rp 1,6 juta sampai Rp 5 juta, tergantung tingkat kesulitan desain dan jumlah cupcakes yang diinginkan. Meskipun untuk momen pernikahan, harga kue tetap dihitung per potong.
"Tetapi saya terbuka soal harga, dan kadang saya sesuaikan dengan budget mereka juga. Misalnya mau harga murah tapi kuenya banyak, ya saya siapkan desain standar sehingga harga satu kuenya bisa Rp 16.000 saja misalnya. Kalau mau harga Rp 2 juta dengan 100 cupcakes, berarti kami mengatur bagaimana desain 100 cupcakes dengan harga Rp 20.000 itu," seru Alvina, yang juga menyiapkan cupcakes untuk event seperti perayaan Valentine, kelahiran bayi, ulang tahun, hingga acara-acara resmi seperti peresmian gedung.
Untuk memudahkan pelanggan melakukan pemesanan atau konsultasi desain, Alvina membuka kesempatan melalui telepon, e-mail, dan BBM. Untuk pengiriman kue ke venue, ia menyediakan delivery khusus yang menjamin kue tidak berubah bentuk saat sampai ke klien.

Kamis, 25 Oktober 2012

Kreasi Kain Flanel

Kreasi Kain Flanel


Aneka kreasi menarik seperti dompet, gantungan kunci hingga boneka mungil dapat dibuat dengan bahan baku kain flanel atau kain felt. Tentunya bagi seorang yang suka dengan yang berbau handmade, berkreasi dengan kain flanel merupakan sesuatu yang sangat menyenangkan. Tidak hanya itu, dengan kreasi kain flanel yang anda bikin bisa juga berkembang menjadi bisnis yang menguntungkan. Nah, Buat Anda pengunjung flanelshop.com yang ingin mencoba kreasi dari kain flanel, berikut kami berikan petunjuk dasarnya. :)
Yang pertama, mari dipersiapkan peralatan dan bahan bahan yang digunakan seperti: Kain Flanel aneka warna, benang sulam & benang jahit, jarum, gunting, manik-manik hitam, ritsleting, tali, dan lem serbaguna, gantungan kunci, peniti bros, cepit rambut dan jika perlu buku berkreasi kain flanel juga bisa sebagai refernsi.
Kain flanel bisa diperoleh di toko alat jahit, tetapi bagi anda yang kesulitan mendapatkan bahan baku kain flanelnya, anda bisa order melalui sms atau via email.
Yang kedua, setelah persiapan alat dan bahan selesai, maka selanjutnya adalah membuat pola yang diinginkan melalui kertas karton, gunting lalu pindahkanlah pola tersebut pada kain flanel dengan menggunakan pensil/pulpen gel (untuk kain flanel berwarna cerah) atau kapur jahit (untuk kain flanel berwarna gelap).
Yang ketiga, setelah pemotongan pola selesain mari gunakan Kain flanel yang bersih dan tidak memiliki bekas lipatan. Untuk merapikan yang memiliki bekas lipatan, anda bisa menyeterikanya dengan hati-hati dan suhu seterika jangan terlalu panas.Untuk memudahkan menjahit risleting, jelujurlah terlebih dahulu atau dengan diberi sedikit lem.
Yang keempat, mari dijahit kain yang sudah dipotong dengan menggunakan benang sulam dan warnanya disesuaikan dengan warna kainnya.
Ada beberapa jenis teknik tusuk jahit dan tusuk hias, diantaranya tusuk feston, tikam jejak, jeruji dan tusuk pipih. Yang paling sering digunakan adalah tusuk feston karena selain memperindah bentuk kreasi yang dihasilkan, tusuk feston ini berguna untuk merapikan pinggiran, menggabungkan 2 lembar kain yang memiliki bentuk dan ukuran yang sama, serta untuk menjahit ritsleting pada kain.
Setelah kreasi selesai, rapikanlah serat-serat pada pinggir jahitan dengan menggunakan gunting. Bentuk desain dapat Anda ciptakan sendiri atau dengan melihat referensi dari buku-buku kreasi kain flanel, majalah, internet dan lain-lain. Ada banyak buku tentang aneka Kerajinan Kain flanel yang bisa Anda dapatkan di toko-toko buku

christmas cupckes


There are so many ideas for Christmas cupcakes that it is difficult to know where to start.
You can make vanilla or fruit cupcakes. I would suggest vanilla if you are using glace or buttercream frosting and fruit cake if you intend to use fondant.

Fruit cakes can be made and iced with fondant well ahead of time, however, a vanilla cupcake is best made and eaten immediately. If you enjoy fruit cakes, but want an easier recipe to follow, click on my boiled fruit cupcakes for a quick alternative.

Although fruit mince pies are yummy, making pastry can be quite time consuming. Fruit mince cupcakes are an ideal alternative. Frost with brandy buttercream for an easier and quicker alternative. Your guests will be asking for the recipe!

Another cupcake recipe that is fantastic teamed up with brandy buttercream is my recipe for Christmas spice cupcakes. The blend of ginger, cinnamon, nutmeg, golden syrup and fruit mince (or mincemeat) is just perfect.

Christmas reindeer cupcake I use a variety of colors, but mainly red, white and green when decorating for the holiday season.

Reindeer cupcakes look great and are very easy to make -just follow these simple directions

Holly cupcakes are brightly colored and are sure to be a favorite with the children. There are lots of gorgeous cupcake liners for sale so you can have some fun matching decorations to the liners.
cupcake Christmas tree Click here to follow my easy instructions on assembling a cupcake Christmas Tree. They look good and are great to give away as a gift or take to a Christmas Party. Another cupcake recipe that is good for this time of the year is a red velvet cupcake. It is, as the name suggests, red in color and looks great with white frosting.

My ideas for decorating Xmas cupcakes work well with any cake and any type of frosting. They are all mix-and-match.
All you need is a little imagination.
  When it comes to imagination, you must visit Dusty Oak Ornaments. This website has THE most gorgeous range of Christmas ornaments. They are distinctive and unique decorations that look fantastic on a Christmas Tree, but would look just as stunning displayed anywhere in the house. Since the holidays are all about sharing and creating memories for times to come, what could be more perfect than a gift that will bring the recipient joy for years? If you are in need of advice and inspiration for that perfect Christmas gift, you must visit Keeper Gifts Online for fantastic gift suggestions.
If you have Christmas cupcake ideas, we'd love to hear from you. Please send in photographs, recipes or suggestions so that we can share your stories.


Christmas Cupcake Ideas

Christmas cupcakes Christmas cupcakes
Christmas cupcake Christmas cupcakes
Christmas cupcakes Christmas cupcake
If these gorgeous cupcakes have inspired you, wait until you see the range of products that can make making and decorating your Christmas cupcakes so much easier. Below are a few of my favorite products, ranging from cupcake papers to cupcake picks and toppers.

Chilli chocolate cupcakes

Chilli chocolate cupcakes

Ingredients

Makes: 12 cupcakes
  • 200g butter, melted
  • 200g caster sugar
  • 3 eggs, beaten
  • 200g self-raising flour
  • 100g unsweetened cocoa powder
  • 1/2 teaspoon cayenne pepper
  • milk as needed
  • Icing
  • 1/4 teaspoon cayenne pepper
  • 1/2 teaspoon ground cinnamon
  • 250g icing sugar
  • 110g cream cheese, softened
  • 60g butter, softened
  • 1/4 teaspoon vanilla extract
  • 12 small dried red chili

Preparation method

Prep: 15 mins | Cok: 20 mins | Extra time: 1 hour, setting